Hubungi Kami

+6231 60003416

Buat janji temu

Pakuwon Center TP5, Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

ISO 9001:2015

Mengenal ISO 9001:2015 dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Hai sobat akta, setelah menegerti apa itu Sertifikasi ISO dan juga manfaatnya untuk bisnis dan perusahaan, sekarang saatnya kita mengetahui Jenis – jenis ISO dan beragam manfaatnya. Yang pertama kali akan kita bahas adalah Manfaat ISO 9001:2015, yuk simak artikelnya!

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah sertifikasi berstandar internasional yang mengacu pada system menajemen mutu ataupun kualitas. Jika suatu perusahaan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 maka dapat dikatakan bahwa perusahaan itu telah mencapai standarisasi internasional untuk jaminan sistem manajemen mutu atau kualitasnya, sehingga kebutuhan para konsumen pun dapat terpenuhi dengan spesifik dan dapat dipertanggung jawabkan oleh perusahaan. Namun demikian, Sertifikasi ini bukan hanya ditujukan kepada perusahaan produksi, melainkan juga perusahaan jasa dan lainnya. Pada sertifikasi ini yang menjadi dasar penilaiannya adalah sistem manajemen didalam perusahaan itu sendiri, baik mengenai kebijakan, SOP, dan hal terkait lainnya. Untuk mendapatkan serifikasi ini perlu beberapa proses dan juga persyaratan, diantaranya adalah perusahaan telah menerapkan system manajemen mutu sesuai dengan standart internasional untuk mencapai tujuannya dan juga telah berhasil lolos audit sertifikasi.

Ilustrasi Pengecekan Manajemen Mutu
Akta.co.id

Pada dasarnya Sertifikasi ini hanya menjamin system manajemen mutu ataupun kualitas dalam proses pencapaian tujuan, bukan mengenai hasil akhirnya, Namun dengan adanya sertifikasi ini diharapkan suatu perusahaan mampu menghasilkan produk dan hasil terbaik sesuai dengan keinginan pelanggan.

Prinsip – prinsip sertifikasi system manajemen mutu berdasarkan sertifikasi ISO 9001:2015

                Ada tujuh prinsip yang menjadi dasar dalam sertifikasi manajemen mutu dalam sertifikasi ISO 9001:2015 yang biasa disingkat CLEPIER yakni :

  1. Customer focus (Fokus pelanggan)

Fokus Pelanggan bisa dikatakan sebagai hal utama dalam manajemen mutu, yakni dengan mengacu pada kualitas hasil produk yang melebihi ekspektasi konsumen, sehingga tercapainya kepuasan untuk mereka, sehingga keberlangsungan perusahaan pun akan bertahan lama.

  • Leadership (Kepemimpinan)

Setiap pimpinan perusahaan harus memiliki rasa tanggung jawab serta dapat melakukan pemberdayaan untuk bisa mencapai tujuan ataupun target perusahaan.

  • Engangement of People (Pelibatan Orang)

Maksud dari Pelibatan orang adalah dengan melibatkan semua pegawai dalam aspek produksi dengan kemampuan di bidangnya masing – masing agar pemberdayaan setiap aspek pun bisa berjalan dengan baik.

  • Process Approach (Pendekatan Proses)

Pendekatan proses yang dimaksud adalah untuk mencapai hasil yang dapat diprediksi dan konsisten akan tercapai lebih efektif dan efisien jika pengelolaan aktifitas serta proses yang saling berkaitan dilakukan dengan baik sebagai system yang utuh.

  • Improvenment (Perbaikan)

Untuk bisa bertahan dan juga bersaing dengan para kompetitor maka perusahaan wajib melalukan berbagai perbaikan di segala aspek untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

  • Evidence-Based Decision Making (Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti)

Setiap pengambilan keputusan harus melibatkan data dan juga bukti yang akurat.

  • Relationship Management (Manajemen hubungan)

Mengelola hubungan yang baik dengan berbagai tingkatan akan mempertahankan kesuksesan perusahaan dan mampu bersaing.

7 Prinsip Manajemen Mutu (CLEPIER)
Kontak AKTA.co.id

Manfaat Sertifikasi ISO 9001 : 2015 bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Perusahaan akan memiliki manajemen internal yang lebih baik
  2. Menekan biaya produksi menjadi lebih efisien sehingga mencegah terjadinya pemborosan
  3. Peningkatan produktivitas, laba, dan juga efisiensi di segala aspek
  4. Meningkatkan retensi dan akuisisi pelanggan
  5. Manajemen hasil yang lebih konsisten dan terpantau
  6. Mendapat standar yang diakui secara global
  7. Mampu bersaing dengan perusahaan berstandar ISO lainnya

Demikian pembahasan singkat mengenai ISO 9001:2015 mengenai Manjemen Mutu atau Manajemen Kualitas. Untuk bantuan pengurusan Sertifikasi ISO dengan proses yang Cepat dan Terpercaya anda bisa menghubungi Tim Marketing AKTA  di :


Alamat                  : Pakuwon Center, Lt. 23 Jl. Embong Malang No 1-5 Tegalsari, Kota Surabaya
Telp                       : 031 60003416
Whatsapp            : 08111289910/12
Email                     : [email protected]

Author

Frima AKTA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *