Hubungi Kami

+6231 60003416

Buat janji temu

Pakuwon Center TP5, Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

Digitalisasi bisnis di masa pandemi

Hai sobat AKTA, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya digitalisasi bisnis di masa pandemi. Yuk simak artikelnya !

Ditengah masa Pandemi Covid-19 yang makin marak terjadi, perkembangan usaha atau pun bisnis baik UKM ataupun UMKM sangat terasa lambat bahkan cenderung menurun drastis, hal ini terjadi karena adanya penurunan daya beli masyarakat secara langsung dan juga adanya aturan jaga jarak atau phisycal distancing. Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk tetap berada dirumah dan mengurangi mobilitas nya di lingkungan luar untuk mencegah penularan virus ini.

ilustrasi digitalisasi bisnis

Hal itu menyebabkan banyak Usaha yang mengalami penurunan omset dalam jumlah yang signifikan, terutama usaha kecil menengah yang belum melakukan digitalisasi terhadap bisnis nya. Menurut survey Katadata Insight Center (KIC), mengatakan kondisi UMKM sebelum covid-19, kondisi usaha tingkat tinggi sebesar 92,7%, kondisi usaha tingkat sedang sebesar 6,3%, dan kondisi tingkat rendah sebesar 1,0%. Ini berarti sebelum adanya covid-19 pelaku usaha berjalan lancar, tidak banyak masalah kendala, dan rendahnya kondisi buruk.

Namun jika melihat kondisi usaha saat ini menurut survey Katadata Insight Center(KIC) kondisi usaha tingkat rendah meningkat sebesar 56,8% dari sebelumnya hanya sebesar 1,0%, dan usaha tingkat sedang menurun sebesar 29,1% dari yang semulanya 6,3%. Dan kondisi usaha tingkat tinggi menurun, yang semula 92,7% menjadi 14,1%. Hal tersebut memperkirakan 63,9% UMKM mengalami penurunan omzet sebesar 30%, dan hanya 3,8% UMKM yang mengalami peningkatan omzet.

ilustrasi digitalisasi bisnis

ilustrasi penurunan omzet saat pandemi

Penurunan omset yang dialami oleh UKM dan UMKM ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:

  1. Turunnya permintaan konsumen,
  2. Pengurangan jam kerja, pengurangan karyawan, penutupan usaha sementara dan tetap, pengurangan hari kerja yang menyebabkan berkurangnya produktifitas
  3. Akes pengiriman terhambat
  4. Susahnya mendapat bahan produksi
  5. Kesulitan mendapatkan modal usaha

Oleh karena alasan-alasan itu, maka diperlukannya usaha terbaru untuk meningkatkan omset dari UMKM agar tetap mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19, salah satu caranya adalah dengan adanya digitalisasi bisnis  baik dari UKM maupun UMKM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Kembali daya beli masyarakat dan juga memperluas jangkauan pasar. Tujuan lainnya dari digitalisasi bisnis adalah :

  • Menghemat biaya pemasaran

Hal ini tentunya terjadi karena biaya pemasaran melalui media sosial dinilai lebih terjangkau daripada biaya pemasaran secara konvensional.

  • Jangkauan pemasaran yang lebih luas

Dengan adanya digitalisasi bisnis, jangkauan pasar yang bisa dicapai oleh pelaku usaha menjadi lebih luas, bahkan tidak ada Batasan.

  • Meningkatnya jumlah keuntungan

Dengan menekan biaya pemasaran dan juga meningkatkan jangkauan pasar tentunya hal ini dapat meningkatkan pendapatan dan juga keuntungan dari para pelaku usaha.

  • Memudahkan dalam hal pelayanan dan dapat dilakukan secara real time

Karena adanya digitalisasi ini pula para pelaku usaha bisa mendapatkan konsumen dari berbagai daerah namun tetap bisa melayaninya secara real time, tanpa terhalang jarak.

  • Memiliki kesempatan bersaing dengan bisnis berskala besar.
ilustrasi digitalisasi bisnis

Di era digital seprti saat ini digitalisasi bisnis memang dinilai sangat diperlukan bagi para pelaku usaha, sebab jika tidak dilakukan kemungkinan terbesarnya adalah usaha tersebut tidak bisa berkembang dan akan kalah bersaing dengan usaha-usaha lainnya yang telah lebih dulu beralih ke bisnis secara digital.

Namun, tidak semua pelaku usaha mau untuk beralih ke era digital. Karena pada kenyataannya menunjukkan bahwa banyak pelaku usaha yang belum melek digital dan tidak mampu mengoperasikan usaha secara online. Hal ini tentu perlu perhatian khusus bagi pemerintah untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam digitalisasi bisnis baik dikalangan orang tua ataupun anak muda. Selain dari pihak pelaku usaha masalah utama lainnya juga berasal dari konsumen yang awam mengunakan media sosial, dan juga masalah keterbatasan jaringan internet di beberapa daerah yang masih belum merata.

Demikian pembahasan mengenai Digitalisasi Bisnis di masa Pandemi seperti saat ini oleh Admin AKTA. Semoga pandemi ini lekas berakhir dan perekonomian dunia segera pulih seperti sedia kala.

Untuk anda yang membutuhkan bantuan dalam Pendirian PT dan CV serta Sertifikasi ISO dengan Proses Cepat dan Terpercaya dapat menghubungi Tim Marketing AKTA di :

Alamat                  : Pakuwon Center, Lt. 23 Jl. Embong Malang No 1-5 Tegalsari, Kota Surabaya

Telp                       : 031 60003416

Whatsapp           : 08111289910/12

Email                     : [email protected]

Author

Frima AKTA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *