Hubungi Kami

+6231 60003416

Buat janji temu

Pakuwon Center TP5, Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

ISO 14001:2015

Manfaat ISO 14001:2015 Untuk Perusahaan

ISO 14001 : 2015

Hai sobat AKTA, di artikel kali ini kita akan bahas mengenai ISO 14001:2015 dan juga manfaat nya untuk perusahaan, untuk kamu yang belum tau apa itu ISO bisa baca di artikel ini “Sertifikasi ISO”.

ISO memiliki beberapa jenis dan kegunaan yang berbeda, kali ini kita akan membahas mengenai ISO 14001:2015, untuk lebih jelasnya yuk simak artikel berikut ini!

ISO 14001:2015 adalah sebuah standar internasional mengenai sitem menejemen lingkungan, tujuan utama penerapannya adalah untuk mengelola dan meminimalkan terjadinya pengaruh negatif atau pencemaran lingkungan baik di lingkungan udara, air, suara ataupun tanah sehingga mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan juga meningkatkan kinerja lingkungan. Sama halnya dengan Sertifikasi ISO lainnya, Sertifikasi ini dilakukan oleh pihak ke tiga (Lembaga sertifikasi) atas standar yang telah diterapkan di perusahaan.

Sedangkan Sistem Manajemen Lingkungan sendiri, merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan.

Sistem Manajemen Lingkungan

Dengan memiliki Sertifikasi 14001:2015 artinya perusahaan anda telah terverifikasi secara global dalam pengelolaan sitem menejemen lingkungan. Selain itu ada pula beberapa manfaat bagi perusahaan yang memiliki ISO 14001:2015, diantaranya adalah :

  1. Memenuhi kebutuhan dan persyaratan pelanggan
  2. Meningkatkat efisiensi dan pengurangan biaya
  3. Menghindari polusi dan mengurangi limbah
  4. Menjalankan undang-undang yang berlaku
  5. Memelihara dan meningkatan secara berkelanjutan Sistem Manajemen lingkungan
  6. Karyawan yang terlibat aktif dalam lingkungan
  7. Mengurangi Kecelakaan Kerja
  8. Meningkatkan pangsa pasar
  9. Meningkatnya reputasi merek dan kapasitas perusahaan
  10. Meningkatkan kinerja perusahaan
  11. Meningkatkan kepuasan pelanggan
  12. Membangun kepercayaan, kredibilitas dan kompetitif;
  13. Meyakinkan pelanggan yang memiliki minat aktif dalam kinerja lingkungan bahwa mereka bekerja dengan perusahaan yang mempromosikan etika lingkungan bersama.
Ilustrasi kerusakan lingkungan akibat limbah industri
Ilustrasi kerusakan lingkungan akibat aktivitas industri

Dengan memiliki Sertifikasi ini pula, dapat dikatakan bahwa anda dan perusahaan anda memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, mengingat semakin maraknya aktifitas yang meningkatkan pemanasan global dan juga kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Dengan memiliki sertifikasi ISO 14001 ini sama saja dengan meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan yang dapat ditimbulkan oleh proses produksi, seperti adanya asap pabrik, limbah industri, kebisingan saat aktivitas produksi, dll yang memicu terjadinya global warming (pemanasan global) serta menimbulkan efek samping yang mengkhawatirkan pula bagi Kesehatan manusia baik bagi karyawan ataupun masyarakat sekitar lokasi dan juga bagi keberlangsungan hidup Makhluk hidup lain di area sekitar.

Demikian pembahasan mengenai ISO 14001:2015 (Sitem Menejemen Lingkungan) dan juga manfaat nya bagi perusahaan anda. Untuk bantuan pengurusan Sertifikasi ISO dengan proses Cepat dan Terpercaya, anda bisa menghubungi Tim Marketing AKTA di :

Alamat                  : Pakuwon Center, Lt. 23 Jl. Embong Malang No 1-5 Tegalsari, Kota Surabaya

Telp                       : 031 60003416

Whatsapp           : 08111289910/12

Email                     : [email protected]

Author

Frima AKTA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *