Hubungi Kami

+6231 60003416

Buat janji temu

Pakuwon Center TP5, Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

DAMPAK POSITIF IMPLEMENTASI ISO 45001

BAGI PEKERJA DAN PERUSAHAAN

Implementasi ISO 45001

Hai Rekan AKTA, kali ini kita akan membahas mengenai dampak positif implementasi ISO 45001 bagi para pekerja dan juga perusahaan. ISO 45001 merupakan Standart ISO yang membahas mengenai Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan kerja.

ISO 45001 wajib dimiliki oleh untuk perusahaan yang berisiko tinggi, contohnya pada perusahaan-perusahaan yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 100 0rang dan juga memiliki potensi terjadinya kecelakaan yang tinggi akibat proses produksi. Namun disamping itu, perusahaan lain yang ingin memiliki ISO 45001 ini tentu sangat diperbolehkan. Hal ini berkaitan dengan manfaat dari ISO 45001 ini yang sangat menguntungkan juga bagi karyawan dan Perusahaan.

Dampak Positif Implementasi ISO 45001 bagi Pekerja diantaranya adalah:

  1. Menciptakan rasa aman dilingkungan para pekerja
  2. Kesehata n dan keselamatan kerja menjadi lebih terjamin
  3. Adanya pengelolaan secara terstruktur mengenai aspek penanganan kecelakaan, seperti adanya jalur evakuasi, alat pemadam kebakaran sederhana, Kelengkapan P3K, dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan penanganan ataupun pencegahan terjadinya kecelakaan kerja
  4. Mengurangi hingga menghilangkan risiko K3
  5. Terbentuknya lingkungan kerja yang aman dan kondusif yang mampu meningkatkan efektifitas para pekerja

Sedangkan dampak Positif Implementasi ISO 45001 bagi Perusahaan adalah:

  1. Meningkatnya reputasi dan juga kepercayaan perusahaan dimata konsumen
  2. Membuktikan kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku
  3. Mencegah risiko buruk yang mungkin terjadi terkait dengan system K3

Setelah dilakukannya Implementasi ISO 45001, kemudian Lembaga akan memutuskan apakah perusahaan tersebut telah layak untuk mendapatkan sertifikasi atau belum. Jika dirasa telah memenuhi semua persyaratan dan lolos dalam masa implementasi, maka selanjutnya Perusahaan tersebut akan mendapatkan Sertifikat ISO 45001 yang berlaku selama tiga tahun dan mendapatkan Surveillance tiap tahunnya untuk memastikan keberlangsungan penetapan ISO tersebut di perusahaan apakah masih berjalan dengan baik atau tidak.

Jika perusahaan terbukti tidak Mengimplementasikan ISO dengan baik, maka akan ada kemungkinan adanya pencabutan Sertifikasi ataupun sanksi lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikian pembahasan Admin AKTA mengenai Dampak Positif Implementasi ISO 45001 bagi Pekerja dan Perusahaan. Semoga Bermanfaat!

Untuk Informasi dan bantuan lebih lanjut mengenai Pengurusan Pendirian PT dan CV serta Sertifikasi ISO dan SMK3 Silahkan Hubungi Tim Marketing AKTA di:

Author

Frima AKTA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *